Jumat, 19 Mei 2017

Mengenal Macam-Macam Kesenian Bali


Mengenal Macam-Macam Kesenian Bali

Pulau Bali merupakan salah satu pulau kecil di Indonesia yang memiliki potensi wisata dan kesenian Bali yang sangat mengagumkan. Tak tanggung-tanggung, bahkan masyarakat dunia pun mengetahui keindahan Bali. Setiap tahunnya banyak turis yang berdatangan untuk menikmati sengatan matahari di pantai kuta. Wisatawan domestik pun tak mau kalah, Bali seakan menjadi wisata alam yang tak ada duanya di Indonesia.
Padahal jika dilihat masih banyak wisata yang menarik di seluruh penjuru Indonesia ini, dengan pantai yang tentunya lebih menarik. Namun seolah semua orang sudah tersihir untuk datang ke Bali yang memang lebih dulu terkenal dengan tempat wisata dan kebudayaannya itu. Nuansa kebudayaan yang masih sangat kental membuat Bali semakin disukai terutama oleh para turis yang memang suka hal-hal baru. Dan lebih asyik lagi sambil mengambil paket wisata bali dengan promo istimewa selama 2016 bersama Crown Bali Holiday.
Selain memiliki objek wisata yang sangat digemari, juga memiliki kesenian Bali yang masih kental dan masih dijaga dengan utuh. Tak jarang budaya yang ada di Bali menjadi salah satu objek wisata tersendiri yang mana menjadi konsumsi para wisatawan. Sebagai contoh, ada 4 jenis tarian di Bali yaitu:
  • Tari pendet
Tarian pendet yakni tarian yang sering dipentaskan untuk menyambut tamu yang datang ke Bali, dengan menggunakan taburan bunga sebagai pelengkapnya. Awalnya tarian ini memiliki fungsi yang sama namun berbeda subjek, yakni ditarikan di pura sebagai ucapan selamat datang kepada para dewa.
paket-wisata-bali-Kesenian-Tari-Pendet
  • Tari Kecak
Tarian kecak merupakan tarian di Bali yang paling fenomenal dan paling disukai wisatawan. Tarian ini biasanya ditarikan oleh banyak laki-laki dengan duduk melingkar. Tarian ini menggunakan lagu sanghyang yang mana kesemua penari laki-laki mengangkat tangannya seolah tidak sadar dan seolah berkomunikasi dengan sang maha pencipta dengan mengungkapkan harapan-harapannya. Tarian kecak ini menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantunya melawan Rahwana.
paket-wisata-bali-Kesenian-Tari-Kecak
  • Tari Panji Semirang
Tarian ini menggambarkan sosok Galuh Candrakirana yakni putri raja yang setelah ditinggal suaminya meninggal mengganti dirinya dengan sosok laki-laki yang kemudian mengganti nama menjadi Raden Panji. Tarian Panji Semirang dimainkan oleh perempuan.
paket-wisata-bali-Kesenian-Tari-Panji-Semirang
  • Tari Condong
Tari condong dimainkan yakni oleh perempuan. Tarian ini termasuk tarian berdurasi panjang yang mana memiliki bentuk tarian yang kompleks.
paket-wisata-bali-Kesenian-Tari-Condong
Diantara keempat tarian tersebut bisa diketahui jika tarian kecak merupakan tarian yang sangat popular dikalangan wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Kesenian Bali yang satu ini sering dipertontonkan di hadapan turis. Tentunya hal ini sangat menguntungkan karena selain bisa menambah ladang pekerjaan juga bisa melestarikan budaya Bali dengan cara menyiarkannya kepada seluruh turis yang berkunjung di Bali.
Terlepas dari wisata di Bali yang memang eksotis, budaya Bali juga tidak bisa dianggap sepele. Kebudayaan yang masih terus melekat itulah yang menjadikan Bali sampai terkenal seperti sekarang. Dibandingkan daerah lainnya yang bahkan juga memiliki wisata yang tak kalah kerennya, Bali seakan memiliki pesona tersendiri yang tidak bisa diabaikan. Meski dengan pantai yang tak lebih menarik dari yang ada di Lombok, dan dengan wisata alam yang tidak sebanyak di Jogja, Bali tetap menjadi tujuan wisata nomor satu di Indonesia dan menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi anda yang suka traveling. Kebudayaan dan kesenian Bali akan membawakan nuansa berbeda ketika anda berkunjung ke Bali. Kebudayaan ini akan terus melekat dalam pesona wisata di Bali dan akan menjadi objek wisata yang disukai oleh wisatawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar